PENGENALAN BROWSER


Browser atau penjelajah web adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak (softwareI) yang digunakan untuk mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada dalam jaringan internet. Informasi yang diperoleh atau disajikan berupa dokumen, gambar, video dan jenis konten yang lainnya. Selain digunakan dalam jaringan internet, browser juga digunakan dalam jaringan lokal dan pembuatan aplikasi berbasis web.

Browser pertama bernama WorldWideWeb yang dibuat oleh Berners-Lee dan diluncurkan pada Agustus 1991. Browser tersebut kemudian diubah menjadi Nexus. Sejalan dengan perkembangan internet, browser juga tidak mau kalah. Sampai saat ini terdapat berbagai macam browser, antara lain:
1.      Chrome

Chrome merupakan browser buatan Google yang dapat digunakan lintas platform. Browser ini pertama kali dirilis secara publik pada tanggal 2 September 2008. Pada Mei 2020 StatCounter dan NetMarketShare memperkirakan bahwa Chrome memiliki 68% pengguna di seluruh dunia.
2.      Firefox

Firefox merupakan browser lintas platform yang dikembangan oleh Yayasan Mozilla dan sukarelawan. Browser ini sebelumnya memiliki nama asli Phoenix dan kemudian dikenal sebagai Mozilla Firebird. Firefox pertama kali dirilis pada 9 November 2004. Dalam 12 hari sejak pertama kali dirilis Firefox telah diunduh >5 juta kali.
Sumber: id.wikipedia.org
Logo Phoenix
3.      Safari
Sumber: guidingtech.com
Safari for Mac OS

Safari merupakan browser buatan Appel Inc. Browser yang di rilis pada tanggal 7 Januari 2003 ini pada awalnya hanya diperuntukkan bagi pengguna Mac OS. Namun pada 11 Juni 2007 versi beta untuk Windows dirilis. Versi ini kemudikan dikembangkan kebali untuk mengatasi berbagai kelemahan hingga rilis versi resmi untuk Windows pada 22 Juni 2007.

4.      Microsoft Edge

Browser ini dikembangkan dengan nama kode Project Spartan oleh Microsoft. Rilis resminya pada 29 Juni 2015. Pengembangan Microsoft edge bertujuan untuk menggantikan Internet Explorer sebagai browser utama pada Windows 10. Hingga saat ini Microsoft Edge telah tersedia bagi pengguan Android dan iOS.
5.      Internet Explorer
Sumber: id.wikipedia.org
Internet Explorer

Internet Explorer adalah sebuah browser gratis dari Microsoft. Versi pertama dari browser ini dirilis pada tanggal 16 Agustus 1995. Sejak saat itu Internet Explorer telah memiliki 11 versi. Namun dengan diluncurkannya Windows 10, peran Internet Explorer sebagai browser utama telah tergantikan oleh Microsoft Edge.

6.      UC Browser

UC Browser merupakan sebuah palikasi penjelajah web yang yang awalnya diperuntukkan bagi pengguna telepon gengang. Peluncuran petama dari browser ini pada tahun 2004. UCWeb merupakan perusaan asal Beijing, China yang menjadi pengembang dari UC Browser.

Bagian-Bagian Browser


Search Engine
Web Search Engine adalah sebuah program komputer tertentu yang khusus difungsikan untuk membantu pengguna dalam mencari berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan World Wide Web atau news group pada sejumlah jaringan komputer server. Contoh web search engine antara lain:
Google (www.google.com)


DuckDuckGo (www.duckduckgo.com)


Bing (www.bing.com)



Previous
Next Post »