Teknologi Wireless

Berbagai teknologi menyediakan akses nirkabel berkecepatan tinggi ke internet untuk PC dan perangkat seluler. Tidak hanya menghubungkan ke internet namun banyak juga teknologi wireless yang dapat menghubungkan antar PC atau perangkat seluler. Terknologi wireless yang cukup populer hingga saat ini adalah inframerah, bluetooth, Wi-Fi, WiMAX, LTE.

1.      Inframerah

Inframerah adalah tipe radiasi elektromagnetik yang tak tampak oleh mata manusia, namun dapat kita rasakan panasnya. Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang astronom asal Inggris bernama Sir William Herschell pada tahun 1800.

Penggunaan inframerah dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  • Face Recognition, 10.000 titik sinar inframerah diproyeksikan di wajah kita kemudian ditangkap oleh kamera dan diproses untuk menghasilkan model wajah kita.
  • Remote Control TV dan AC menggunakan sinar inframerah sebagai media komunikasi dengan peralatan eletromagnetik. Sensor penerima mengubah sinar infra merah menjadi sinyal listrik yang mengistruksikan minroprocessor sesuai perintah
  • Transfer Data, pada masa kejayaan handphone Nokia dengan OS simbian, inframerah menjadi teknologi transfer data yang sangat populer. Namun seiring perkembangan teknologi, inframerah mulai ditinggalkan dan beralih pada teknologi lain seperti Bluetooth dan Wi-Fi. Hal ini dikarenakan inframerah memiliki kecepatan transfer yang rendah serta membutuhkan jarak yang sangat terbatas.
  • Thermo gun, salah satu alat yang populer ditengah pandemi ini juga menggunakan inframerah sebagai penghantar panas dari tubuh ke alat untuk diterjemahkan sehingga mengetahui suhu badan seseorang.
  • Satelit, inframerah digunakan untuk mengetahui ketinggian air dan kandungan uap air sehingga dapat meperkirakan cuaca.

2.      Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi yang digunakan untuk jaringan kawasan pribadi (personal area network atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth dapat digunakan untuk menghubungkan dan melakukan tukar menukat informasi antar perangkat. Jarak yang dapat dijangkau teknologi bluetooth cukup terbatas sekitar 10 meter. Teknologi ini dikembangkan dan diditribusikan oleh kelompok bluetooth Special Interest Group. Sampai saat ini bluetooth terlah memiliki beberapa versi dan yang terbaru adalah bluetooth 5.1

 

3.      Wi-Fi

Wi-Fi dalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan eletronik untuk bertukar informasi data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui jaringan komputer dan termasuk keneksi berkepatan tinggi. Istilah Wi-Fi dalam Bahasa Inggris umum juga dikenal sebagai WLAN. Wi-Fi merupakan merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama-nama produk yang menggunakan standar IEEE 802.11. Wi-Fi mempunyai jangkauan 20 meter di dalam ruangan dan 100 meter sampai 20 km di luar ruangan dengan kecepatan akses data sampai 54 Mbps. Wi-Fi harus dipusatkan pada suatu titik tertentu yang disebut hostpot. Salah satu kelemahan Wi-Fi adalah tidak dapat berkeja dengan pantulan dan harus berkerja tanpa halangan objek (line of sight). Di sisi lain Wi-Fi memiliki harga yang relatif murah.

 

4.      WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)

WiMAX merupakan teknologi nirkabel pita lebar (Broadband Wireless Access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses tinggi dan janggauan luas. WiMAX merupakan bagian dari 4G (fourth-generation technology) yang digunakan di Korea Selatan sejak 2006. Di Indonesia WiMAX pertama kali diluncurkan oleh PT. FirstMedia dengan merek dagang Sitra WiMAX sejak Juni 2010.

 

Dibutuhkan modem khusus WiMAX jika ingin menggakses jaringan WiMAX. Kecepatan akses data dari teknologi ini dapat menembus 75 Mbps dengan jarak sekitar 50 km. Keunggulan lain, WiMAX dapat melewati aneka penghalang seperti gedung atau pohon, sehingga lebih dapat diandalkan ketimbang Wi-Fi.

 

5.      LTE (Long Term Evolution)

LTE merupakan sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasi pda jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Sama seperti WiMAX, LTE juga merupakan anggota teknologi 4G yang pertama kali digunakan pada tanggal 14 Desember 2009 di Swedia. Di Indonesia teknologi LTE pertama kali diluncurkan oleh PT. Inernux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE sejak 14 November 2013. Teknologi ini memiliki kecepatan sampai 300 Mbps download dan 75 Mbps upload.

Previous
Next Post »